Jumat, 29 April 2011

Brosur beserta contoh brosur


BROSUR

Brosur, pamflet, atau buklet adalah terbitan tidak berkala yang dapat terdiri dari satu hingga sejumlah kecil halaman, tidak terkait dengan terbitan lain, dan selesai dalam sekali terbit.
Bila terdiri dari satu halaman, brosur atau pamflet umumnya dicetak pada kedua sisi, dan dilipat dengan pola lipatan tertentu hingga membentuk sejumlah panel yang terpisah. Pamflet yang hanya terdiri dari satu lembar/halaman sering disebut selebaran (bahasa Inggris:leaflet, flier, atau flyer). Selain itu, brosur yang memuat informasi tentang produk disebut juga sebagai katalog produk atau sering hanya disebut katalog.
Brosur atau pamflet memuat informasi atau penjelasan tentang suatu produk, layanan, fasilitas umum, profil perusahaan, sekolah, atau dimaksudkan sebagai sarana beriklan. Informasi dalam brosur ditulis dalam bahasa yang ringkas, dan dimaksudkan mudah dipahami dalam waktu singkat. Brosur juga didesain agar menarik perhatian, dan dicetak di atas kertas yang baik dalam usaha membangun citra yang baik terhadap layanan atau produk tersebut.
Buklet sering memiliki sampul, halaman judul, dijilid, dan memiliki jumlah halaman lebih banyak dari pamflet. Bentuknya sering terlihat seperti buku berukuran kecil. Berbeda dengan brosur atau pamflet, buklet bukan merupakan sarana beriklan secara langsung.
Sejumlah produk konsumen seperti barang elektronik, sering menyertakan buklet berisi spesifikasi produk atau penjelasan cara penggunaan. Buklet yang menyertai barang elektronik kadang-kadang memiliki jumlah halaman yang banyak dan tidak untuk habis dibaca dalam satu kali kesempatan. Album rekaman, seperti kaset atau CD sering menyertakan buklet yang berisi lirik lagu, foto, dan nama-nama artis pendukung.
Pengertian secara sederhana mengenai desain brosur adalah desain yang dibuat untuk mempromosikan suatu produk.. Ketika seseorang mempromosikan suatu produk , Jelas harus bisa menarik perhatian konsumen untuk bisa membeli produk yang di tawarkan/dirpomisikan. Sekarang banyak cara orang mempromosikan produknya bisa melalu media elekronik atau media cetak.
Contoh mempromosikan produk melalui media elektronik: Memasang Iklan di Televisi, Radio, Internet, Handphone dan sebagainya. Nah untuk artikel kali ini saya akan mencoba membahas bagaimana cara mempromosikan produk anda melalu media cetak yaitu melalui media brosur.
Membuat brosur yang baik harus tepat sasaran, artinya produk yang ditawarkan harus benar-benar kelihatan menarik dan membuat penasaran orang untuk membaca brosur yang anda buat dan kemudian mereka membeli produk yang ditawarkan. Tips ntuk membuat brosur agar kelihatan menarik dan membuat orang penasaran,berikut ini.
• Gunakan bahasa yang bom bastis contohnya: dapatkan segera, diskon, promo, produk terbaru, produk termudah, stok terbatas dan lain-lian. Jika perlu sertakan hadiah atau promosi yang lain yang bisa membuat orang tergiur. Produk yang dipomosikan harus terlihat jelas dan detil. Untuk membuat brosur suatu produk lebih menarik dan meyakinkan spek produk yang ditawarkan harus jelas.
• Buatlah sinopsis tentang produk yang ditawarkan agar bisa meyakinkan pembeli misalnya kelebihan tentang produk tersebut, atau pakarnya siapa atau kalau buku misalnya penulisnya terkenal, bisa di munculakn nama penulisnya di brosur yang anda buat.
• Gunakanlah jenis fonts yang jelas dan menarik, berilah warna yang kontras dan jika perlu gunakakanlah warna khusus. Untuk membuat desain brosur biasanya orang-orang menggunan ukuran brosur antara A4, dan A5 dan bentuk brosur itu sendiri terserah anda.

0 komentar:

Poskan Komentar